Menjaga Lidah

Lidah merupakan salah satu alat yang sangat efektif sebagai media komunikasi antara manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhan. Lisan merupakan..
menjaga lidah lisan dan hati dalam islam
Lidah merupakan salah satu alat yang sangat efektif sebagai media komunikasi antara manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhan. Lisan merupakan nikmat yang besar, yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Lisan digunakan untuk menaati perintah Allah dengan cara berdzikir, berdoa, berdakwah, beristigfar dan berbicara yang pada intinya adalah dalam rangka menaati perintah Allah SWT.

Lisan juga sebagai sarana untuk berbuat maksiat kepada Allah SWT., dengan jalan menaati perintah setan, seperti ghibah, adu domba, berkata dusta, mencela, menghina, bersaksi palsu, menipu dan yang lain-lain. Ini namanya tidak mensyukuri nikmat Allah SWT.

Firman Allah dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 263:
قَوْلٌ مَعْرُوفٌ وَمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهَا أَذًى ۗ وَاللَّهُ غَنِيٌّ حَلِيمٌ
Artinya: "Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima), Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun."

Ayat diatas menggambarkan bagaimana seseorang melakukan penolakan secara halus, sementara maksud pemberi maaf disini adalah bagaimana seseorang bisa memaafkan tingkah laku yang kurang sopan dari si peminta.

Ajaran Islam sangat mementingkan perasaan orang lain agar tidak tersinggung oleh ucapan yang tidak baik. Baca selengkapnya...

TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Alquran Juz 30
  7. Al-Waqi'ah
  8. Al-Mulk
  9. Al-Ikhlas
  10. Ad-Dukhan
  11. Luqman
  12. Maryam
  13. An-Nas
  14. Ayat Kursi
  15. Ali 'Imran
  16. Al-Ahzab
  17. Al-Baqarah 286
  18. Al-Insyirah ayat 5
© Tafsir Alquran ID ‧ Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net