Surah Al-Fatihah

Baca online Quran Surah ke-1 al-Fatihah, terdiri atas 7 ayat. Disebut Surat al-Fatihah (Pembuka) dikarenakan sebagai surat pertama dalam kitabullah.
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِbismillāhir-raḥmānir-raḥīm1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. tafsirاَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙal-ḥamdu lillāhi rabbil-"ālamīn2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. tafsirالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙar-raḥmānir-raḥīm3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. tafsirمَٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ māliki yaumid-dīn4. Yang menguasai di Hari Pembalasan. tafsirإِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ iyyāka na"budu wa iyyāka nasta"īn5. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. tafsirٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm6. Tunjukilah kami jalan yang lurus, tafsirصِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ ṣirāṭallażīna an"amta "alaihim gairil-magḍụbi "alaihim wa laḍ-ḍāllīn7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. tafsir
Baca online Quran Surah ke-1 al-Fatihah, terdiri atas 7 ayat. Disebut Surat al-Fatihah (Pembuka) dikarenakan sebagai surat pertama dalam kitabullah. Disebut juga sebagai Ummul Qur'an (Ibunya al-Qur'an) karena mengandung seluruh inti ajaran Qur'an, seperti tauhid, ibadah dan lain sebagainya. Ini adalah tujuh ayat yang paling agung di dalam Qur'an, tujuh ayat yang selalu diulang-ulang. Website Alquran online cepat, ringan, dan hemat kuota, lengkap dengan teks arab, latin, terjemah, dan tafsir bahasa Indonesia - tafsir.niadi.net

Download Audio mp3 Murottal Quran Surah Al-Fatihah oleh Syeikh Muhammad Saddiq Al-Minshawi
Info Surah Al-Fatihah
Nama Surah (id, ar, en)Al-Fatihah, الفاتحة, Al-Faatiha
Arti Surah (id, en)Pembukaan, The Opener
Urutan Surah1
Jumlah Ayat7
Jumlah Kata29
JuzJuz 1
Tempat WahyuMekkah

Surah "Al Faatihah" (Pembukaan), yang diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat, adalah surah yang paling pertama diturunkan secara lengkap dibanding surah-surah yang ada dalam Al Qur'an dan termasuk surah Makkiyyah.

Surah ini disebut "Al Faatihah" (Pembukaan), karena dengan Surah inilah Al Qur'an dibuka dan dimulai.

Dinamakan "Ummul Qur'an" (induk Al Qur'an) atau "Ummul Kitaab" (induk Al Kitaab) karena merupakan induk bagi semua isi Al Qur'an serta menjadi inti sari kandungan Al Qur'an dan karena ia wajib dibaca pada tiap-tiap shalat. Dinamakan pula "As Sab'ul matsaany" (tujuh yang berulang-ulang) karena ayatnya berjumlah tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam shalat.

Surah ini mengandung beberapa unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi Al Qur'an, yaitu:

Keimanan

Beriman kepada Allah Yang Maha Esa terdapat dalam ayat ke-2. Dinyatakan dengan tegas bahwa segala puji dan ucapan syukur atas sesuatu nikmat itu bagi Allah, karena Allah adalah Pencipta dan sumber segala nikmat yang terdapat dalam alam ini.

Di antara nikmat itu ialah nikmat menciptakan, nikmat mendidik dan menumbuhkan. Kata "Rabb" dalam kalimat "Rabbul-'aalamiin" tidak hanya berarti "Tuhan" dan "Penguasa". Tetapi, juga mengandung arti tarbiyah, yaitu mendidik dan menumbuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa segala nikmat yang dilihat oleh seorang pada dirinya sendiri dan alam ini bersumber dari Allah, karena Allahlah Yang Maha Berkuasa di alam ini. Pendidikan, penjagaan dan penumbuhan oleh Allah di alam ini haruslah diperhatikan dan dipikirkan oleh manusia sedalam-dalamnya, sehingga menjadi sumber pelbagai macam ilmu pengetahuan yang dapat menambah keyakinan pada keagungan dan kemuliaan Allah serta berguna bagi masyarakat. Oleh karena keimanan (ketauhidan) merupakan persoalan pokok, maka di dalam surah Al Faatihah tidak cukup dinyatakan dengan isyarat saja. Tetapi, juga ditegaskan dan dilengkapi oleh ayat ke-5, yaitu: Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin (hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan).

Yang dimaksud dengan "Yang menguasai hari pembalasan" ialah pada hari itu Allah-lah Yang berkuasa. Segala sesuatu tunduk kepada kebesaran-Nya sambil mengharap nikmat dan takut kepada siksaan-Nya.

Hal ini mengandung arti janji untuk memberi pahala terhadap perbuatan yang baik dan ancaman terhadap perbuatan yang buruk. "Ibadah" yang terdapat pada ayat 5 semata-mata ditujukan kepada Allah.

Hukum-hukum

Jalan kebahagiaan dan bagaimana cara menempuh jalan tersebut untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Maksud "hidayah" di sini ialah hidayah yang menjadi sebab mendapatkan keselamatan, kebahagiaan dunia dan akhirat, berupa keyakinan, akhlak, hukum-hukum dan pelajaran.

Kisah-kisah

Kisah para nabi dan orang-orang terdahulu yang menentang Allah. Sebagian besar ayat Al Qur'an memuat kisah-kisah para nabi dan orang-orang terdahulu yang menentang Allah. Yang dimaksud dengan "orang yang diberi nikmat" dalam ayat ini ialah para nabi, para shiddiiqiin (orang-orang yang beriman dengan sungguh-sungguh), syuhadaa (orang-orang yang mati syahid), dan shaalihiin (orang-orang yang saleh). Sementara itu, yang dimaksud "orang-orang yang dimurkai dan orang-orang yang sesat" ialah golongan yang menyimpang dari ajaran Islam.

Perincian hal yang telah disebutkan di atas terdapat dalam ayat-ayat Al Qur'an pada surah-surah yang lain.

Surah "Al Faatihah" ini melengkapi unsur-unsur pokok Syari'at Islam, kemudian perinciannya dijelaskan oleh ayat-ayat Al Qur'an yang berjumlah 113 surah berikutnya.

Kesesuaian surah ini dengan Surah "Al Baqarah" dan surah-surah sesudahnya ialah surah Al Faatihah merupakan titik pembahasan yang akan diperinci dalam surah Al Baqarah dan surah-surah yang sesudahnya.

Di bagian akhir surah "Al Faatihah" disebutkan permohonan hamba supaya diberi petunjuk oleh Allah ke jalan yang lurus, sedang surah "Al Baqarah" dimulai dengan penunjukan "Al Kitab" (Al Qur'an) yang sempurna sebagai pedoman menuju jalan yang dimaksudkan tersebut.

Download Audio MP3 Bacaan Surah Al-Fatihah

001-Al-Fatihah.mp3844.31 Kb

TIPS: Untuk membaca tafsir yang Anda inginkan klik pada kata/link tafsir di akhir terjemahan ayat surah.

An-Nas »

TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Alquran Juz 30
  7. Al-Waqi'ah
  8. Al-Mulk
  9. Al-Ikhlas
  10. Ad-Dukhan
  11. Luqman
  12. Maryam
  13. An-Nas
  14. Ayat Kursi
  15. Ali 'Imran
  16. Al-Ahzab
  17. Al-Baqarah 286
  18. Al-Insyirah ayat 5
© Tafsir Alquran ID ‧ Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net