Surah Al-Ghasyiyah

Baca online Quran Surah ke-88 al-Ghasyiyyah, terdiri atas 26 ayat. Surat ini mengingatkan jiwa dengan menyaksikan kekuasaan Ilahi di dalam siksa dan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

هَلۡ أَتَىٰكَ حَدِيثُ ٱلۡغَٰشِيَةِ hal atāka ḥadīṡul-gāsyiyah1. Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? tafsir وُجُوهٞ يَوۡمَئِذٍ خَٰشِعَةٌ wujụhuy yauma'iżin khāsyi’ah2. Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, tafsir عَامِلَةٞ نَّاصِبَةٞ 'āmilatun nāṣibah3. bekerja keras lagi kepayahan, tafsir تَصۡلَىٰ نَارًا حَامِيَةٗ taṣlā nāran ḥāmiyah4. memasuki api yang sangat panas (neraka), tafsir تُسۡقَىٰ مِنۡ عَيۡنٍ ءَانِيَةٖ tusqā min 'ainin āniyah5. diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas. tafsir لَّيۡسَ لَهُمۡ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِيعٖ laisa lahum ṭa’āmun illā min ḍarī’6. Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, tafsir لَّا يُسۡمِنُ وَلَا يُغۡنِي مِن جُوعٖ lā yusminu wa lā yugnī min jụ’7. yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar. tafsir وُجُوهٞ يَوۡمَئِذٖ نَّاعِمَةٞ wujụhuy yauma'iżin nā’imah8. Banyak muka pada hari itu berseri-seri, tafsir لِّسَعۡيِهَا رَاضِيَةٞ lisa’yihā rāḍiyah9. merasa senang karena usahanya, tafsir فِي جَنَّةٍ عَالِيَةٖ fī jannatin 'āliyah10. dalam surga yang tinggi, tafsir لَّا تَسۡمَعُ فِيهَا لَٰغِيَةٗ lā tasma’u fīhā lāgiyah11. tidak kamu dengar di dalamnya perkataan yang tidak berguna. tafsir فِيهَا عَيۡنٞ جَارِيَةٞ fīhā 'ainun jāriyah12. Di dalamnya ada mata air yang mengalir. tafsir فِيهَا سُرُرٞ مَّرۡفُوعَةٞ fīhā sururum marfụ’ah13. Di dalamnya ada takhta-takhta yang ditinggikan, tafsir وَأَكۡوَابٞ مَّوۡضُوعَةٞ wa akwābum mauḍụ’ah14. dan gelas-gelas yang terletak (di dekatnya), tafsir وَنَمَارِقُ مَصۡفُوفَةٞ wa namāriqu maṣfụfah15. dan bantal-bantal sandaran yang tersusun, tafsir وَزَرَابِيُّ مَبۡثُوثَةٌ wa zarābiyyu mabṡụṡah16. dan permadani-permadani yang terhampar. tafsir أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى ٱلۡإِبِلِ كَيۡفَ خُلِقَتۡ a fa lā yanẓurụna ilal-ibili kaifa khuliqat17. Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, tafsir وَإِلَى ٱلسَّمَآءِ كَيۡفَ رُفِعَتۡ wa ilas-samā'i kaifa rufi’at18. Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? tafsir وَإِلَى ٱلۡجِبَالِ كَيۡفَ نُصِبَتۡ wa ilal-jibāli kaifa nuṣibat19. Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? tafsir وَإِلَى ٱلۡأَرۡضِ كَيۡفَ سُطِحَتۡ wa ilal-arḍi kaifa suṭiḥat20. Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? tafsir فَذَكِّرۡ إِنَّمَآ أَنتَ مُذَكِّرٞ fa żakkir, innamā anta mużakkir21. Maka berilah peringatan, karena sesungguhnya kamu hanyalah orang yang memberi peringatan. tafsir لَّسۡتَ عَلَيۡهِم بِمُصَيۡطِرٍ lasta 'alaihim bimuṣaiṭir22. Kamu bukanlah orang yang berkuasa atas mereka, tafsir إِلَّا مَن تَوَلَّىٰ وَكَفَرَ illā man tawallā wa kafar23. tetapi orang yang berpaling dan kafir, tafsir فَيُعَذِّبُهُ ٱللَّهُ ٱلۡعَذَابَ ٱلۡأَكۡبَرَ fa yu’ażżibuhullāhul-'ażābal-akbar24. maka Allah akan mengazabnya dengan azab yang besar. tafsir إِنَّ إِلَيۡنَآ إِيَابَهُمۡ inna ilainā iyābahum25. Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, tafsir ثُمَّ إِنَّ عَلَيۡنَا حِسَابَهُم ṡumma inna 'alainā ḥisābahum26. kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka. tafsir
Baca online Quran Surah ke-88 al-Ghasyiyyah, terdiri atas 26 ayat. Surat ini mengingatkan jiwa dengan menyaksikan kekuasaan Ilahi di dalam siksa dan kenikmatan, serta bukti-buktinya di dalam ayat-ayat yang ada di sini, agar jiwa terisi keseimbangan antara harapan dan kecemasan. Website Alquran online cepat, ringan, dan hemat kuota, lengkap dengan teks arab, latin, terjemah, dan tafsir bahasa Indonesia - tafsir.niadi.net

Download Audio mp3 Murottal Quran Surah Al-Ghasyiyah oleh Syeikh Muhammad Saddiq Al-Minshawi
Info Surah Al-Ghasyiyah
Nama Surah (id, ar, en)Al-Ghasyiyah, الغاشية, Al-Ghaashiya
Arti Surah (id, en)Hari Pembalasan, The Overwhelming
Urutan Surah88
Jumlah Ayat26
Jumlah Kata93
JuzJuz 30
Tempat WahyuMekkah

Surah ini terdiri dari 26 ayat, termasuk golongan surah Makkiyyah, dan diturunkan sesudah surah Adz-Dzaariyaat.

Nama "Al-Ghasyiyah" diambil dari kata "Al-Ghasyiyah" yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya peristiwa yang dahsyat, tapi yang dimaksud adalah hari kiamat. surah ini sering sekali dibaca Nabi pada rakaat kedua shalat hari raya dan shalat Jum'at.

Pokok-Pokok Isi:

Keterangan tentang orang-orang kafir pada hari kiamat dan azab yang ditimpakan kepada mereka; keterangan tentang orang-orang yang beriman dan keadaan surga yang diberikan kepada mereka sebagai balasan; perintah untuk memperhatikan keajaiban ciptaan-ciptaan Allah; perintah kepada Rasulullah untuk memperingatkan kaumnya kepada ayat-ayat Allah karena beliau adalah seorang pemberi peringatan dan tidak berkuasa atas keimanan mereka.

Surah Al-Ghasyiyah menerangkan penderitaan orang-orang yang kafir dan kenikmatan orang-orang yang beriman pada hari kiamat.

Hubungan Surah Al-Ghasyiyah dengan Surah Al-Fajr:

1. Pada surah Al-Ghasyiyah, Allah menyebutkan tentang orang-orang yang pada hari kiamat tergambar di wajah mereka kehinaan dan tentang orang-orang yang wajah mereka bercahaya. Sementara itu, pada surah Al-Fajr disebutkan beberapa kaum yang mendustakan dan berbuat durhaka sebagai contoh orang yang tergambar di wajah mereka kehinaan dan azab yang ditimpakan kepada mereka di dunia dan disebutkan pula orang yang berjiwa muthmainnah, yaitu orang-orang yang wajahnya bercahaya.

2. Dalam surah Al-Ghasyiyah Allah mengemukakan orang-orang yang wajah mereka bercahaya, sedangkan pada surah Al-Fajr disebutkan orang yang berjiwa tenang di dunia karena iman dan takwa yang nantinya di akhirat wajah mereka berseri-seri.

Download Audio MP3 Bacaan Surah Al-Ghasyiyah

088-Al-Ghaasyiyah.mp32.33 Mb

TIPS: Untuk membaca tafsir yang Anda inginkan klik pada kata/link tafsir di akhir terjemahan ayat surah.



TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Al-Waqi'ah
  7. Al-Mulk
  8. Al-Ikhlas
  9. Ad-Dukhan
  10. Luqman
  11. Alquran Juz 30
  12. Maryam
© tafsir.niadi.net - Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net