Surah Al-Infitar

Baca online Quran Surah ke-82 al-Infithar, terdiri atas 19 ayat. Berisikan penggambaran hari Kiamat dengan berserakannya makhluk-makhluk yang sebelumn

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

إِذَا ٱلسَّمَآءُ ٱنفَطَرَتۡ iżas-samā'unfaṭarat1. Apabila langit terbelah, tafsir وَإِذَا ٱلۡكَوَاكِبُ ٱنتَثَرَتۡ wa iżal-kawākibuntaṡarat2. dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, tafsir وَإِذَا ٱلۡبِحَارُ فُجِّرَتۡ wa iżal-biḥāru fujjirat3. dan apabila lautan menjadikan meluap, tafsir وَإِذَا ٱلۡقُبُورُ بُعۡثِرَتۡ wa iżal-qubụru bu’ṡirat4. dan apabila kuburan-kuburan dibongkar, tafsir عَلِمَتۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ وَأَخَّرَتۡ 'alimat nafsum mā qaddamat wa akhkharat5. maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya. tafsir يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡإِنسَٰنُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ ٱلۡكَرِيمِ yā ayyuhal-insānu mā garraka birabbikal-karīm6. Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. tafsir ٱلَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّىٰكَ فَعَدَلَكَ allażī khalaqaka fa sawwāka fa 'adalak7. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang, tafsir فِيٓ أَيِّ صُورَةٖ مَّا شَآءَ رَكَّبَكَ fī ayyi ṣụratim mā syā'a rakkabak8. dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu. tafsir كَلَّا بَلۡ تُكَذِّبُونَ بِٱلدِّينِ kallā bal tukażżibụna bid-dīn9. Bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan. tafsir وَإِنَّ عَلَيۡكُمۡ لَحَٰفِظِينَ wa inna 'alaikum laḥāfiẓīn10. Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), tafsir كِرَامٗا كَٰتِبِينَ kirāmang kātibīn11. yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), tafsir يَعۡلَمُونَ مَا تَفۡعَلُونَ ya’lamụna mā taf’alụn12. mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan. tafsir إِنَّ ٱلۡأَبۡرَارَ لَفِي نَعِيمٖ innal-abrāra lafī na’īm13. Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan, tafsir وَإِنَّ ٱلۡفُجَّارَ لَفِي جَحِيمٖ wa innal-fujjāra lafī jaḥīm14. dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka. tafsir يَصۡلَوۡنَهَا يَوۡمَ ٱلدِّينِ yaṣlaunahā yaumad-dīn15. Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan. tafsir وَمَا هُمۡ عَنۡهَا بِغَآئِبِينَ wa mā hum 'an-hā bigā'ibīn16. Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka itu. tafsir وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا يَوۡمُ ٱلدِّينِ wa mā adrāka mā yaumud-dīn17. Tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? tafsir ثُمَّ مَآ أَدۡرَىٰكَ مَا يَوۡمُ ٱلدِّينِ ṡumma mā adrāka mā yaumud-dīn18. Sekali lagi, tahukah kamu apakah hari pembalasan itu? tafsir يَوۡمَ لَا تَمۡلِكُ نَفۡسٞ لِّنَفۡسٖ شَيۡ‍ٔٗاۖ وَٱلۡأَمۡرُ يَوۡمَئِذٖ لِّلَّهِ yauma lā tamliku nafsul linafsin syai'ā, wal-amru yauma'iżil lillāh19. (Yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun untuk menolong orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah. tafsir
Baca online Quran Surah ke-82 al-Infithar, terdiri atas 19 ayat. Berisikan penggambaran hari Kiamat dengan berserakannya makhluk-makhluk yang sebelumnya teratur dan perubahan kondisinya serta orbitnya. Website Alquran online cepat, ringan, dan hemat kuota, lengkap dengan teks arab, latin, terjemah, dan tafsir bahasa Indonesia - tafsir.niadi.net

Download Audio mp3 Murottal Quran Surah Al-Infitar oleh Syeikh Muhammad Saddiq Al-Minshawi
Info Surah Al-Infitar
Nama Surah (id, ar, en)Al-Infitar, الإنفطار, Al-Infitaar
Arti Surah (id, en)Terbelah, The Cleaving
Urutan Surah82
Jumlah Ayat19
Jumlah Kata82
JuzJuz 30
Tempat WahyuMekkah

Surah ini terdiri dari 19 ayat, termasuk golongan surah Makkiyyah, dan diturunkan sesudah surah An-Nazi'aat. Al-Infithar yang dijadikan nama surah ini berasal dari kata "Infatharat" (yang berarti terbelah) yang terdapat pada ayat pertama.

Pokok-Pokok Isi:

Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari kiamat; peringatan kepada manusia agar tidak teperdaya sehingga durhaka kepada Allah; keberadaan malaikat yang selalu menjaga dan mencatat segala amal perbuatan manusia; pada hari kiamat manusia tidak dapat menolong orang lain; hanya kekuasaan Allahlah yang berlaku pada waktu itu.

Surah Al-Infithar menggambarkan kejadian-kejadian pada hari kiamat dan menerangkan keingkaran manusia kepada karunia Allah, dan bahwa segala amal perbuatan mereka akan mendapat pembalasan.

Hubungan Surah Al-Infithar dengan Surah Al-Muthaffifin:

1. Dalam surah Al-Infithar Allah menjelaskan adanya malaikat yang menjaga dan mencatat amal perbuatan manusia, lalu pada surah Al-Muthaffifin dijelaskan tentang isi buku catatan itu.

2. Dalam surah Al-Infithar secara singkat diterangkan dua golongan manusia pada hari kiamat, yaitu orang-orang yang berbuat kebajikan dan orang-orang yang durhaka, sedangkan dalam surah Al-Muthaffifin diuraikan lebih luas sifat kedua golongan manusia itu.

Download Audio MP3 Bacaan Surah Al-Infitar

082-Al-Infithaar.mp32 Mb

TIPS: Untuk membaca tafsir yang Anda inginkan klik pada kata/link tafsir di akhir terjemahan ayat surah.



TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Al-Waqi'ah
  7. Al-Mulk
  8. Al-Ikhlas
  9. Ad-Dukhan
  10. Luqman
  11. Alquran Juz 30
  12. Maryam
© tafsir.niadi.net - Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net