Surah At-Takatsur

Baca online Quran Surah ke-102 at-Takatsur, terdiri atas 8 ayat. Berisikan peringatan kepada orang yang sibuk dengan urusan dunia agar ingat kematian

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

أَلۡهَىٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ al-hākumut-takāṡur1. Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, tafsir حَتَّىٰ زُرۡتُمُ ٱلۡمَقَابِرَ ḥattā zurtumul-maqābir2. sampai kamu masuk ke dalam kubur. tafsir كَلَّا سَوۡفَ تَعۡلَمُونَ kallā saufa ta’lamụn3. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), tafsir ثُمَّ كَلَّا سَوۡفَ تَعۡلَمُونَ ṡumma kallā saufa ta’lamụn4. dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. tafsir كَلَّا لَوۡ تَعۡلَمُونَ عِلۡمَ ٱلۡيَقِينِ kallā lau ta’lamụna 'ilmal-yaqīn5. Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, tafsir لَتَرَوُنَّ ٱلۡجَحِيمَ latarawunnal-jaḥīm6. niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, tafsir ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيۡنَ ٱلۡيَقِينِ ṡumma latarawunnahā 'ainal-yaqīn7. dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin. tafsir ثُمَّ لَتُسۡ‍َٔلُنَّ يَوۡمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ ṡumma latus'alunna yauma'iżin 'anin-na’īm8. kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu). tafsir
Baca online Quran Surah ke-102 at-Takatsur, terdiri atas 8 ayat. Berisikan peringatan kepada orang yang sibuk dengan urusan dunia agar ingat kematian dan hari Perhitungan. Website Alquran online cepat, ringan, dan hemat kuota, lengkap dengan teks arab, latin, terjemah, dan tafsir bahasa Indonesia - tafsir.niadi.net

Download Audio mp3 Murottal Quran Surah At-Takatsur oleh Syeikh Muhammad Saddiq Al-Minshawi
Info Surah At-Takatsur
Nama Surah (id, ar, en)At-Takatsur, التكاثر, At-Takaathur
Arti Surah (id, en)Bermegah-megahan, The Rivalry in world
Urutan Surah102
Jumlah Ayat8
Jumlah Kata29
JuzJuz 30
Tempat WahyuMekkah

Surah At-Takatsur terdiri dari 8 ayat, termasuk golongan surah Makkiyyah, dan diturunkan sesudah surah Al-Kautsar. Dinamai At-Takatsur (bermegah-megahan) diambil dari kata "At-Takatsur" yang terdapat pada ayat pertama surah ini.

Pokok-Pokok Isi:

Keinginan manusia untuk bermegah-megahan dalam hal duniawi sering melalaikan manusia dari tujuan hidupnya. Dia baru menyadari kesalahannya itu setelah mati mendatanginya; manusia akan ditanya di akhirat tentang nikmat yang dibangga-banggakannya itu.

Surah ini mengemukakan celaan dan ancaman terhadap orang-orang yang bermegah-megahan dengan apa yang diperolehnya dan tidak membelanjakannya di jalan Allah. Mereka pasti diazab dan ditanyai tentang apa yang dimegah-megahkannya itu.

Hubungan Surah At-Takatsur dengan Surah Al-'Ashr:

1. Pada surah At-Takatsur Allah menerangkan keadaan orang yang bermegah-megahan dan disibukkan oleh harta benda sehingga lupa mengingat Allah, sedangkan surah Al-'Ashr menerangkan bahwa manusia akan rugi kecuali yang beriman, beramal saleh, dan saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

2. Pada surah At-Takatsur Allah menerangkan sifat orang yang mengikuti hawa nafsu, sedangkan pada surah Al-'Ashr menerangkan sifat orang-orang yang tidak rugi.

Download Audio MP3 Bacaan Surah At-Takatsur

102-At-Takatsur.mp3812.07 Kb

TIPS: Untuk membaca tafsir yang Anda inginkan klik pada kata/link tafsir di akhir terjemahan ayat surah.



TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Al-Waqi'ah
  7. Al-Mulk
  8. Al-Ikhlas
  9. Ad-Dukhan
  10. Luqman
  11. Alquran Juz 30
  12. Maryam
© tafsir.niadi.net - Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net