Mutiara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pada saat ini kita berada di Bulan Rabiul Awwal tahun 1442 Hijriah, bulan yang tidak bisa lepas dari sejarah, Rasulullah SAW. Sebagai umatnya kita...
Mutiara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di arab saudi
Maulid Nabi Muhammad SAW. Marilah kita senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, karena taqwa adalah bekal yang paling berharga bagi umat manusia dalam hidup dan kehidupannya. Dan dengan taqwa seseorang akan mendapatkan kebahagiaan hakiki baik di dunia maupun di akhirat.

Pada saat ini kita berada di Bulan Rabiul Awwal tahun 1441 Hijriah, bulan yang tidak bisa lepas dari sejarah, Rasulullah SAW. Sebagai umatnya kita harus mengikuti beliau baik dalam tingkah laku, tutur kata ataupun budi pekerti beliau. Nabi lahir, nabi hijrah dan nabi wafat, jatuh pada bulan yang sama, hari yang sama dan tanggal yang sama, yaitu hari senin tanggal 12 rabiul awwal, hanya tahunnya yang berbeda.

Begitu istimewa bulan rabiul awwal bagi umat Islam, sepanjang bulan itu dimanfaatkan untuk memperingati maulid nabi yang sangat dirindukannya. Berbagai ekspresi kecintaan dituangkan dalam berbagai kegiatan, mulai dari membaca salawat, syair-syair pujian terhadap nabi, ceramah, sadaqah, pesta kesenian islami, dan berbagai seremonial lainnya. Semuanya dilakukan dengan semangat kecintaan pada nabi Muhammad SAW.

Dizaman nabi tidak ada peringatan maulid nabi, pada zaman Khulafaur Rasidin tidak ada peringatan maulid. Menurut catatan sejarah, peringatan maulid baru diadakan pada zaman Salahuddin Al Ayyubi seorang Sultan Mesir. Sultan yang dikenal seorang panglima perang yang gagah berani, tetapi sangat bijak dan murah hati, seorang budayawan yang ilmu agamanya sangat luas.

Salahuddin Al Ayyubi sangat prihatin atas kesadaran agama dikalangan rakyatnya sangat lemah, wilayah kaum muslimin banyak dikuasai kaum salib. Sehingga beliau meminta masukan dari para pembantunya, kiranya usaha apa yang dilakukan untuk membangkitkan semangat keagamaan dikalangan umat Islam. Sasaran utama peringatan maulid nabi pada masa Salahuddin Al Ayyubi adalah: Baca selengkapnya...

TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Alquran Juz 30
  7. Al-Waqi'ah
  8. Al-Mulk
  9. Al-Ikhlas
  10. Ad-Dukhan
  11. Luqman
  12. Maryam
  13. An-Nas
  14. Ayat Kursi
  15. Ali 'Imran
  16. Al-Ahzab
  17. Al-Baqarah 286
  18. Al-Insyirah ayat 5
© tafsir.niadi.net - Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net