Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Keluarga, adalah unit terkecil dari masyarakat, keluarga itu terdiri dari suami istri dan anak-anaknya. Kita semua lahir, tumbuh, besar, dan berkem..
arti definisi dan cara membina keluarga sakinah mawaddah warahmah
Keluarga, adalah unit terkecil dari masyarakat, keluarga itu terdiri dari suami istri dan anak-anaknya. Kita semua lahir, tumbuh, besar, dan berkembang ditengah keluarga. Betapa berharganya sebuah keluarga dalam hidup kita, kita sering menyaksikan betapa beratnya anak-anak yang kehilangan keluarga atau lepas hubungan dengan keluarga. Persoalan keluarga menempati peringkat pertama pemicu stres yang menimpa seseorang.

Pembentukan keluarga diawali dengan akad nikah, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar Rum ayat 21:
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-nya ialah dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

Seorang laki-laki tidak akan sempurna menjalani proses kehidupannya bila tidak didampingi oleh seorang istri yang salehah. Demikian pula seorang wanita, tidak mungkin menggapai kebahagiaan dan kepuasan batin bila tidak didampingi oleh seorang suami yang bertanggungjawab dan penuh kasih sayang.

Akad Nikah adalah mempertemukan dua pribadi yang sama-sama bermartabat kemanusiaan dalam ikatan suami istri yang didalamnya mengandung ketentuan hak dan kewajiban yang harus sama-sama dipenuhi. Nikah bukan sembarang ikatan dan bukan sembarang janji yang bisa putus dan diingkari kapan saja, tetapi ikatan lahir batin yang suci dan penuh amanat. Nabi SAW bersabda: Baca selengkapnya...

TRENDING PEKAN INI

  1. Al-Fatihah
  2. Yasin
  3. Al-Baqarah
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kahfi
  6. Alquran Juz 30
  7. Al-Waqi'ah
  8. Al-Mulk
  9. Al-Ikhlas
  10. Ad-Dukhan
  11. Luqman
  12. Maryam
  13. An-Nas
  14. Ayat Kursi
  15. Ali 'Imran
  16. Al-Ahzab
  17. Al-Baqarah 286
  18. Al-Insyirah ayat 5
© Tafsir Alquran ID ‧ Baca Alquran Online Bahasa Indonesia. Developed by www.niadi.net